Simple Design ATS AMF for Basic Skill, Continued
Pada postingan sebelumnya saya sudah menerangkan secara singkat dari ATS/AMF, dan kali ini saya mencoba lebih merinci tentang design Panel ATS/AMF.
Design ATS ini menggunakan Zelio smart relay sebagai otak sistem kendali nya. tidak banyak yang bisa saya tuliskan saat ini, namun gambar berikut akan berbicara lebih banyak dan jelas.
Pada gambar diatas terdapat 5 buah saklar maghnetik R1, R2, R3, dan dua sakalar magnetik berdaya besar. Fungsi masing masing saklar adalah;
1. R1, berfungsi untuk mengetahui ketersediaan tegangan suplay utama dan di kirim ke modul Zelio.
2. R2, berfungsi untuk mengetahui ketersediaan suplay tegangan genset dan dikirim ke modul zelio.
3. R3, berfungsi sebagai switch pengganti On/Off genset.
4. Dua buah saklar maghnetik berikutnya berfungi sebagai Change Over Switch (COS). COS ini dikendalikan oleh Zelio (lebih jelasnya baca kembali postingan sebelumnya)
Karena otak dari rangkain ini adalah Zelio, maka semua saklar maghnetik di kendalikan oleh zelio. untuk sinyal kontrol start engine dan COS juga dikendalikan secara langsung oleh Zelio, hal ini dilakukan untuk menghemat penggunaan saklar maghnetik dan sehubungan dengan kemampuan dari output zelio yang dapat digunakan secaara langsung untuk itu.
Antarmuka kendali yang memudahkan pengguna untuk memilih beberapa opsi pengontrolan adalah 3 buah selector switch yang ditempatkan pada pintu panel, switch switch tersebut berfungsi sebagai selector mode kendali yang di inginkan. satu buah switch lainnya adalah push button switch yang digunakan sebagai emergency stop;
1. Switch pertama SW1, berfungsi sebagai menu pilihan ATS/AMF manual atau automatis.
2. SW2, berfungsi sebagai pilihan warming up (pemanasan mesin secara berkala) manual atau secara automatis.
3. SW3, adalah switch untuk menyalakan mesin genset saat warming up berada pada mode manual.
4. SW4, berfungsi sebagai tombol emergency stop.
Semua Switch diatas terhubung langsung pada otak rangkaian ini, yaitu Smart realai Zelio.
Dibawah adalah lay out dari rangkain switch pada pintu panel;
Nah, saya rasa rangkaian fisik panel ATS/AMF sudah cukup jelas, yang paling utama pada panel tersebut adalah program kontrol yang di install ke ZELIO. Disini saya tidak akan bercerita detil program yang harus dibuat, namun saya akan mengungkapkan bagaimana prinsip kerja dari program tersebut.
Disini saya menggunakan Zelio dengan 10 I/O, dimana masing masing berfungsi I/O sebagai berikut;
Input;
I1, untuk mendeteksi ketersediaan suplay daya utama (terhubung dengan kontak R1)
I2, untuk mendeteksi ketersediaan daya Genset (terhubung dengan kontak R2)
Ib, untuk medeteksi sinyal error yang dikirim oleh genset. Signal error ini berupa Over Heat, Oil Low pressure dan Water pressure.
Ic, mendeteksi mode ATS/AMF yang disett melalui SW1
Id, Mendeteksi mode Warming up yang di sett melalui SW2
Ie, berfungsi untuk myenyalakan mesin secara manual den terhubung ke SW3
If, berfungsi sebagai masukan perintah mematikan mesin/emergency stop. masukan ini terhubung denngan tombol emergency stop
Output;
Q1, untuk mengendalikan saklar magnetik pada COS supaya mengubungkan beban dengan sumber daya utama/PLN
Q2, Unttuk mengendalikan saklar magnetik pada COS supaya menghubungkan daya Genset dengan beban
Q3, Untuk menyalakan Saklar magnetik R3
Q4, berfungsi untuk menyalakan/ start engine Genset
Sehubungan keterbatasan waktu, mengenai program zelio akan saya bahas pada postingan berikut (Simple Design ATS AMF 2 (for Basic Skill))
Design ATS ini menggunakan Zelio smart relay sebagai otak sistem kendali nya. tidak banyak yang bisa saya tuliskan saat ini, namun gambar berikut akan berbicara lebih banyak dan jelas.
Pada gambar diatas terdapat 5 buah saklar maghnetik R1, R2, R3, dan dua sakalar magnetik berdaya besar. Fungsi masing masing saklar adalah;
1. R1, berfungsi untuk mengetahui ketersediaan tegangan suplay utama dan di kirim ke modul Zelio.
2. R2, berfungsi untuk mengetahui ketersediaan suplay tegangan genset dan dikirim ke modul zelio.
3. R3, berfungsi sebagai switch pengganti On/Off genset.
4. Dua buah saklar maghnetik berikutnya berfungi sebagai Change Over Switch (COS). COS ini dikendalikan oleh Zelio (lebih jelasnya baca kembali postingan sebelumnya)
Karena otak dari rangkain ini adalah Zelio, maka semua saklar maghnetik di kendalikan oleh zelio. untuk sinyal kontrol start engine dan COS juga dikendalikan secara langsung oleh Zelio, hal ini dilakukan untuk menghemat penggunaan saklar maghnetik dan sehubungan dengan kemampuan dari output zelio yang dapat digunakan secaara langsung untuk itu.
Antarmuka kendali yang memudahkan pengguna untuk memilih beberapa opsi pengontrolan adalah 3 buah selector switch yang ditempatkan pada pintu panel, switch switch tersebut berfungsi sebagai selector mode kendali yang di inginkan. satu buah switch lainnya adalah push button switch yang digunakan sebagai emergency stop;
1. Switch pertama SW1, berfungsi sebagai menu pilihan ATS/AMF manual atau automatis.
2. SW2, berfungsi sebagai pilihan warming up (pemanasan mesin secara berkala) manual atau secara automatis.
3. SW3, adalah switch untuk menyalakan mesin genset saat warming up berada pada mode manual.
4. SW4, berfungsi sebagai tombol emergency stop.
Semua Switch diatas terhubung langsung pada otak rangkaian ini, yaitu Smart realai Zelio.
Dibawah adalah lay out dari rangkain switch pada pintu panel;
Nah, saya rasa rangkaian fisik panel ATS/AMF sudah cukup jelas, yang paling utama pada panel tersebut adalah program kontrol yang di install ke ZELIO. Disini saya tidak akan bercerita detil program yang harus dibuat, namun saya akan mengungkapkan bagaimana prinsip kerja dari program tersebut.
Disini saya menggunakan Zelio dengan 10 I/O, dimana masing masing berfungsi I/O sebagai berikut;
Input;
I1, untuk mendeteksi ketersediaan suplay daya utama (terhubung dengan kontak R1)
I2, untuk mendeteksi ketersediaan daya Genset (terhubung dengan kontak R2)
Ib, untuk medeteksi sinyal error yang dikirim oleh genset. Signal error ini berupa Over Heat, Oil Low pressure dan Water pressure.
Ic, mendeteksi mode ATS/AMF yang disett melalui SW1
Id, Mendeteksi mode Warming up yang di sett melalui SW2
Ie, berfungsi untuk myenyalakan mesin secara manual den terhubung ke SW3
If, berfungsi sebagai masukan perintah mematikan mesin/emergency stop. masukan ini terhubung denngan tombol emergency stop
Output;
Q1, untuk mengendalikan saklar magnetik pada COS supaya mengubungkan beban dengan sumber daya utama/PLN
Q2, Unttuk mengendalikan saklar magnetik pada COS supaya menghubungkan daya Genset dengan beban
Q3, Untuk menyalakan Saklar magnetik R3
Q4, berfungsi untuk menyalakan/ start engine Genset
Sehubungan keterbatasan waktu, mengenai program zelio akan saya bahas pada postingan berikut (Simple Design ATS AMF 2 (for Basic Skill))
Simple Design ATS AMF for Basic Skill, Continued
Reviewed by Unknown
on
03.46
Rating:

Tidak ada komentar
Posting Komentar